Bagan dan Konsep Kerja Server Softswicth PBX
sumber : https://www.buatkuingat.com/2019/09/pengertian-softswitch-fungsi-dan-cara-kerja-softswitch.html
Gambar 1.1 penggunaan PBX dalam Jaringan
Istilah PBX pertama kali diterapkan pada saat dilakukan pergantian jaringan ke operator dalam perusahaan. Secara otomatis, sistem pergantian elektromekanis menggantikan sistem manual. Istilah PBX digunakan untuk menggambarkan layanan telepon, seperti sistem telepon in-house, baik untuk cakupan private area, penyebaran yang luas, ataupun pertukaran jaringan telepon lainnya.
Sejak tahun 1990-an, terdapat dua perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya jenis baru sistem PBX. Salah satu perkembangan tersebut adalah besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman public mengenai packet switching. Perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan untuk data saja, perkembangannya perusahaan juga membutuhkan ketersediaan internet sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon. PBX kemudian muncul dan melahirkan VOIP PBX yang menjadikan komunikasi semakin menarik. Secara teknis, PBX dan VOIP PBX bukanlah sistem berbeda. VOIP PBX merupakan sistem layanan khusus dalam jaringan telepon.
A. Mengenal Server Softswitch PBX
Sistem telepon bisnis telah lama terdapat dalam perkembangan mereka. Sistem telepon berkembang dari sistem kunci sederhana yang memerlukan beberapa saluran telepon untuk virtual PBX. PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN atau public switched telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalaui office).
1. Pengertian dan Sejarah PBX
PBX ( private Branch Excange) adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas. dengan kata lain, PBX merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extention to extention ) dengan external (out going dan incoming). PBX menjadi sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral public yang digunakan oleh suatu lembaga atau perusahaan dalam melayani komunikasi internet perusahaan tersebut.
sistem telepon pertama yang populer adalah 1A2 key System, yang memiliki variasi dan dipercaya oleh pasar perusahaan selama bertahun-tahun pada era 1950-an. KSU (kunci layanan unit) dalam 1A2 Ker System bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan yang dialihkan melalui mekanisme fisik yang terdapat pada telepon.
PBX pertama kali digunakan untuk mengambarkan sistem kunci. PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis dan non-operator. Dalam perkembangan PBX, salah satu tren sistem adalah VoIP PBX, atau biasa dikenal IP PBX. IP PBX menggunakan protokol internet untuk melakukan panggilan. Sekarang ini PBX memberi dukungan dalam perkembangannya VoIP PBX. ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an. ISDN PBX sudah menawarkan layanan panggilan konferensi, call forwarding, dan memanggil host ID yang telah diprogram sebelumnya. Meskipun demekian, adanya proyek mengenai sumber terbuka ini justru dapat dikombinasikan dengan perangkat keras untuk mengurangi biaya kepemilikan PBX.
2. Fungsi PBX
PBX dibedakan dari sistem kunci yang dilakukan pengguna secara manual ketika pengguna menekan nomor tujuan. sehingga secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang terdaftar di central office mauupun di DDCO.
Post a Comment
0 Comments